Senin, 22 Juni 2015

Politik Hukum Rencana Tata Ruang



Politik Hukum Rencana Tata Ruang: Dari Sentralisme Menuju Pluralisme Berbasis Kearifan Lokal di Indonesia*
(Legal Policy of Spatial Planning: From Centralism Towards Pluralism Based Local Wisdom in Indonesia)

Oleh: T. Nazaruddin

ABSTRACT

This paper is intended to analyze the legal policy of spatial planning and towards legal pluralism in the spatial plan. The approach is qualitative with descriptive method. The results of the analysis showed, in the practice of legal policy of  spatial planning carried out in Indonesia, both at the level of provincial and district/city, for decades patterned centralized (centralization in the executive by the legislature and the public role of the relativized), elitist, rationalist (upholding deductive logic and assumptions and scientific procedures), deterministic (uniform model and the program attempts to cover behind efficiency). So ignore the legal reality of pluralism in society customary law based on local wisdom.

Keywords: Legal Policy, Spatial Planning, Local Wisdom


ABSTRAK

Tulisan ini dimaksudkan untuk menganalisis politik hukum rencana tata ruang nasional dan menuju pluralisme hukum dalam tata ruang. Pendekatan yang digunakan bersifat kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil analisis menunjukan, Politik hukum dalam praktik penyusunan rencana tata ruang yang dilaksanakan di Indonesia, baik pada tataran Provinsi maupun Kabupaten/Kota, selama beberapa dekade bercorak sentralistik (pemusatan pada pihak eksekutif dengan menisbikan peran legislatif dan masyarakat), elitis, rasionalis (menjunjung tinggi logika dan asumsi deduktif dan prosedur ilmiah), deterministik (upaya menyeragamkan model dan program dengan berlindung di balik efisiensi). Sehingga mengabaikan realitas hukum adanya pluralisme dalam masyarakat hukum adat yang berbasiskan kearifan lokal.

Kata kunci: Politik Hukum, Rencana Tata Ruang, Kearifan Lokal


* (Tulisan ini telah dimuat dan dapat dibaca pada Jurnal Hukum Samudra Keadilan, Fakultas Hukum Universitas Samudera Langsa, Volume 9, Nomor 2 Juli-Desember 2014). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar